04 September 2008

Maklumat 10 Desember 1948

NEGARA ISLAM INDONESIA



Barang disampaikan Allah kiranja kepada seluruh Pimpinan Negara Islam Indonesia dan Pimpinan Madjlis Islam di-tiap2 tempat dise-luruh Indonesia.
Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu ‘alaikum w.w.,
1. Berhubung dengan kegentingan politik dan militer makin hari makin memuntjak, baik jang berkenaan dengan gelanggang Internasional maupun jang bersangkutan dengan lapangan Interinsuler (Nasional), maka pada pertengahan bulan ini saudara2 kita jang tempo hari sengadja dikirimkan keberbagai2 kota pendudukan (lihat Ma’lumat No.2), dipanggil kembali ditempat kedudukannja jang semula.
2. Beliau2 itu masing2 telah menjelesaikan tugasnja jang tentu2 dibeberapa tempat, baik jang mengenai kepentingan politis maupun militer.
3. Sementara itu, Sdr. S.M. Kartosoewirjo, jang sudah hampir 10 bulan meninggalkan daerah kita, selama itu sudahlah dapat menjelesaikan dan mentjukupkan kewa-djibannja ditempat lain dengan sempurna mungkin.
4. Oleh sebab itu, maka menurut keputusan sidang Dewan Imamah jang terachir, Pimpinan Negara Islam Indonesia dan Pimpinan Ummat Islam Indonesia, diserah-kan kembali di tangan beliau, mulai tanggal 12 Desember 1948.
5. Moga2 dengan Tolong dan Kurnia Ilahy, serta berkat ichtiar sekalian Ummat Islam menghadapi wadjib sutji, pimpinan Negara Islam Indonesia dan Ummat Islam Bangsa Indonesia itu di beri kekuatan, taufiq dan hidajat oleh Allah jang sempurna, sehingga dapat membimbing Negara dan Ummat dalam masa revolusi, ke arah Mardlatillah jang sesempurna-sempurnanja. Insja Allah. Amin.

Madinah, 9 Safar 1368 H.
10 Desember 1948 M.
Pemerintah Negara Islam Indonesia Imam:

H.I.M. TJOKRO

No comments: