04 September 2008

MKT ttg Peleburan Tentara/Ketentaraan, diluar Tentara Islam Indonesia.

MA’LUMAT KOMANDEMEN TERTINGGI




Barang disampaikan Allah kiranja kepada seka-lian Komandan-Komandan dari pada Koman-demen-Komandemen, diseluruh Negara Islam Indonesia.

Hal: Peleburan Tentara/Ketentaraan, diluar Tentara Islam Indonesia.
Assalamu ‘alaikum w.w .
I. MENGINGAT:
1. Ma’lumat Pemerintah Negara Islam Indonesia No.II/7, bertarich 10 Oktober 1949 angka 11, huruf b., angka (1), huoref (a) hingga (d), dan lampiran 1, dari pada Ma’lumat Pemerintah tsb., angka II; dan
2. Suasana militer internasional dan interinsuler pada dewasa ini, jang senantiasa dalam peralihan, pergantian dan pertumbuhan.
II. MENIMBANG DAN BERPENDAPAT:
Bahwa setiap sa’at terbukalah kemungkinan hubungan antara Negara Islam Indonesia dan Dunia-Luar, sekadar jang berkenaan dengan Peleburan tentara/ketentaraan.

III. MEMUTUSKAN:
A. Sifat dan bentuk Peleburan
1. Diwadjibkan: mengadakan peleburan, sehingga hanja ada satu tentara; ialah: Tentara Islam Indonesia. Tiada sesuatu kesatuan lainnja, di luar itu. Dan
2. Dilarang: mengadakan gabungan atau permufakatan tentara/ketentaraan, jang bersifat federatif.
B. Pelaksanaan
1. Bahwa djika hubungan tentara/ketentaraan itu, mengenai kekuasaan Negara langsung, maka jang berhak dan menanggung wadjib menjelesaikan soal ini, hanjalah: Komandemen Tertinggi Angkatan Perang Negara Islam Indonesia. Dan
2. Bahwa djika hubungan itu tidak mengenai kekuasaan Negara, langsung/tidak langsung, makdjang berhak dan menanggung wadjib menjelesaikan soal ini, ialah: Komandemen Daerah Angkatan Perang Negara Islam Indonesia.
IV. MEMERINTAHKAN:
Kepada sekalian Komandan-komandan jang bersangkutan dan bertanggung-djawab atasnja, supaja memperhatikan, mentha’ati dan berbuat, sesuai dengan isi Ma’lumat Komandemen No. 4 ini, bagi kepentingan Negara dan Agama.
V. MULAI BERLAKU:
Ma’lumat Komandemen No. 4 ini berlaku, mulai hari tanggal diumumkan.
VI. Inna fatahna laka fathan mubina……. Insja Allah. Bismillahi…. Allahu Akbar!!!

Madinah-Indonesia, 15 Oktober 1949/
22 Dzul hidjah 1368

Komandemen Tertinggi
Angkatan Perang Negara Islam Indonesia,

Plm. T.: S.M. KARTOSOEWIRJO
Di’umumkan di - Madinah-Indonesia;
Pada hari tanggal,
15 Oktober 1949/22 Dzul hidjah 1368
K.S.U.

BINTANG-BULAN

No comments: